Trend Iklan Lebay Bin Alay 2012

Lama ndak nulis di blog berita kesayangan ini, lagi asyik baca-baca artikel di kompasiana, akhirnya pengen nulis jugak disana dengan Judul "Cara Unik Parkir tanpa Biaya" (promosi) kekekekeke..., karena udah berkontribusi satu tulisan disana,, kepaksa deh minta juga satu tulisan dari sana,,, balas budi gitu loh! (semoga yg punya tulisan ikhlas di copas) xixiixii..

Artikel Trend Iklan Lebay Bin Alay 2012 ini diilustrasikan dengan Iklan Motor baru mengkilat. Kinclong sampai bisa ngaca. Lalu muncul perempuan bercelana pendek dengan dada berisi dan belahannya mengintip. Meraba-raba motor, terkagum-kagum. Lalu muncul laki-laki gagah, berjaket, nenteng helm. Saling senyum. Bibir si perempuan monyong-monyong sok seksi. Lalu berdua naik motor. Sule alias susu lengket. Rambut melambai-lambai sebagaimana si paha yang hanya tertutup celana pendek itu. Lho, tidak pake helm, harusnya sudah disemprit pak pulisi dong…

Trend Iklan Lebay Bin Alay 2012


Di suatu pameran di mall. Mobil mengkilat. Gressss, langsung didatangkan dari dealer. Pengunjung berdatangan. Ada yang berani mendekat, ada yang memandang dari kejauhan, minder mungkin ya. Ada yang menjaga mobil itu. Satu atau dua perempuan cantik, tinggi, seksoy pastinya. Soal Busana, model minimalis adalah pilihan favorit. Sampai timbul joke “Mau test drive sekalian sama mbaknya…”.

Potret itu yang sering ada jika mengiklankan produk otomotif, baik itu motor ataupun mobil. Kenapa selalu ada model perempuannya? Apakah dengan cara itu bisa menaikkan penjualan? Tidak tahu lah, belum ada penelitian tentang hal itu. Jika mau bicara tentang gender, dimana produk otomotif lebih identik dengan laki-laki, lalu memakai model perempuan. Kenapa tidak memakai model laki-laki saja? Biar lebih kelihatan nyata dan gagah kan?

Itu baru iklan otomotif yang lebih ‘menjual’ modelnya yang dadanya harus sentosa. Belum pernah ada model dadarata. Masih banyak lagi iklan lebay lainnya. Gadis yang ditembak dengan 1000 mawar. Lalu setelah itu mawarnya pasti dibuang. Boros sekali dan tidak ramah lingkungan. Malah bikin go red, melawan go green yang sekarang sedang digembar gemborkan. Gadis sweet seventeen yang marah sama pacarnya. Semua orang mauuuuu saja menyampaikan maaf si pacar untuk dia. Sendirian di samping lapangan bola malam-malam, contoh apa itu? Walau hanya visualisasi kreatif, tapi kok tetap lebay…

Mau jadi cowok hero? Lihatlah iklan rokok. Tapi perhatikan, dia tidak merokok lho.. Jadi mungkin ini pesan bahwa tidak perlu merokok untuk jadi sosok hero.

Mau mendadak jadi pujaan? Lihatlah iklan pemutih wajah, bukan pemutih pakaian lho. Simsalabim, Bang Jalil pergi ke Palmerah, dari coklat dekil jadi putih cerah. Huebattt…

Akhir Trend Iklan Lebay Bin Alay 2012

Yah begitulah.. Tidak usah marah-marah, namanya juga iklan, menjual suatu produk. Kalau tidak suka ya, pecahkan saja kaca tivinya…

ilustrasi : google.com

17 comments:

  1. Namanya juga iklan, yang penting bagaimana caranya iklannya bisa terlihat menarik. Kita sebagai penonton yang harus lebih cerdas dalam melihat iklan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Kita iya mas... tapi bagaimana dg mereka yg polos :)

    ReplyDelete
  3. Kalau ingin menarik, iklan memang harus hiperbola bin lebay mas.

    Terus tentang iklan rokok, setahu saya KPI memang melarang stasiun TV menampilkan tayangan yang menampilkan orang merokok. Kalaupun ada gambar yang menampilkan orang merokok, biasanya disensor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,, saya justru baru tau kalau tipi gak boleh nayangin orang yg ngerokok mas... :)

      Delete
  4. emang jamannya baru jaman lebay mas... kalau gak lebay dan alay katanya gak gaul :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan2 yg komeng juga kenak virus lebay bin alay nih.. xixixixi

      Delete
  5. Gan, bukannya iklan yang beginian yang banyak didemini kaum adam ya..
    Kita tidak boleh menyalahkan pengiklan, mereka cuma ambil kesempatan dan kelemahan para laki2 nih
    Over all, nice share dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jugak sih... tapi apa kita sebagai bagian dari kaum adam juga mesti ikut2an suka? pribadi saya sih menolak.. hehehe

      salam kenal juga mas...
      thanks for visit..

      Delete
  6. Teknik promosi yang ampuh memang jika memakai SPG. Coba aja di ganti SPB (Sales Promotion Boy) mungkin nanti kesannya malah kayak maho :D

    ReplyDelete
  7. yang unik-unik pastilah menarik :D

    ReplyDelete
  8. Aku sih santai aja ama iklan, buat ketawa-ketawa di sekolah.

    Aku pun gak suka Iklan otomotif, biasanya modelnya pasti model foto te**njang

    ReplyDelete
  9. Tapi dengan iklan alay bin lebay, iklannya jadi lebih catchy mas, jadi gampang diinget oleh massa, efektif dong iklannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau terlalu lebay gimana donk,,,, T_T

      Delete
  10. Romantis juga tuch iklan dikasih 1000 mawar keren...

    ReplyDelete
  11. tapi kalau terlalu lebay juga gak suka...

    ReplyDelete