4.6( 8864)

Cara Format Flashdisk Write Protected

Flashdisk Write Protected  yang mau di format ini sebenarnya bukan punya sendiri, tapi karena kata teman-teman saya sedikit ahli dengan hal-hal yang berbau komputer, flashdisk, keyboard makanya banyak sobat saya yang minta tolong klo ada masalah dengan hal-hal yang beginian (padahal saya cuman coba-coba) =D

Kali ini yang jadi kelinci percobaan praktek saya adalah flashdisk teman saya merek Pendrive dengan kapasitas 4GB, lumanyun tuh buat nyimpen data, tapi sayang Flashdisk ini kena masalah Write Protected. Penyebab Write Protected ini saya tidak jelaskan kenapa, karena emang gak tau! 

Oke, Cara Format Flashdisk Write Protected ini benar-benar ampuh dan work 100% (saya udah buktikan). di google mungkin sodara udah banyak nemu cara Format Flashdisk Write Protected ini, ada yang menggunakan HP Drive Key Boot Utility or Super Stick Recovery Tool, masalahnya, kalau dua tools ini gak bekerja dengan baik (seperti yang ane alami) kita jadi pusing kan.... (padahal yg mau di perbaiki bukan flashdisk saya) :((

Langkah Format Flashdisk Write Protected

1. Kita harus mengetahui Id Vendor [VID] dan Id Product [PID] dari flashdisk yang kena Write Protected Untuk mengetahuinya kita menggunakan USBVIEW
Download USBVIEW (update maret 2012)

Contoh untuk melihat VID dan PID Flashdisk

Cara Format Flashdisk Write Protected
KLIK UNTUK MEMPERBESAR
Pada contoh diatas Id Vendor = 0x13FE dan Id Product = 0x3100, tetapi yang diambil sebagai VID dan PID hanya 4 angka dari belakang, jadinya :
VID : 13FE dan PID : 3100

2. Setiap Id Vendor [VID] dan Id Product [PID] dari flashdisk berbeda-beda (yaialah), untuk melihat penjelasannya silahkan lihat Disini.Txt (update maret 2012)

3. Setelah kita tahu Id Vendor [VID] dan Id Product [PID] maka kita tinggal mencari tools untuk memformat flashdisk tersebut, untuk mencari tools yang pas, silahkan menuju http://flashboot.ru/iflash.html. (situsnya pake bahasa rusia, pake google chrome aja, biar ditranslate sama google)Flashdisk yang saya tangani (Pendrive 4GB) tools untuk mem Format nya bernama Phison_PS2232_Formatter_v2.9.0.6

Cara Format Flashdisk Write Protected
KLIK UNTUK MEMPERBESAR
Setelah dapat Tools yang pas untuk mem format Flashdisk sodara, cari di google (biasanya ada), setelah download, jalankan tools tersebut lalu klik Format.

Cara Format Flashdisk Write Protected

Selesai dan semoga berhasil, kalau ada kendala silahkan komentar dibawah :V:

Update : saya tidak dapat membalas komentar sobat satu persatu karena skrg jarang online,,, silahkan coba2 dan berkreatifitas ya ;) untuk Format Flashdisk Write Protected

98 comments dapat Anda baca di bawah ini atau tambahkan satu.

  1. pertamax, terima kasih infonya bos... lumayan nambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama,,, semoga manfaat dan thanks udah berkunjung yah...

      Delete
  2. Gan, klo misalnya ga tau merk flasdisknya gimana?
    soalnya flasdisk ane tu souvenir dari produk susu.
    mohon pencerahannya ya.. thnx

    ReplyDelete
  3. Gan, klo misalnya ga tau merk flasdisknya gimana?
    soalnya flasdisk ane tu souvenir dari produk susu.
    mohon pencerahannya ya.. thnx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting kita tau Id Vendor [VID] dan Id Product [PID] dari fdisk kita bro,,, :)

      Delete
  4. kok linknya tidak ada?

    ReplyDelete
  5. file usbview kok hilang?
    ga ad lg diweb

    ReplyDelete
  6. Ada kok,,, udah saya cek... klik tulisan "Get File" ada dibawah files.com :)

    ReplyDelete
  7. halaaaaaaaaaaaahhhh masa g ketemu yang atas tu commentnya g pernah tu buka website makanya g ketemu

    ReplyDelete
  8. untuk Kingstone G2 yg 4GB gak ada di situs iFlash, gmn dunk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada di iflash cari di google biasanya ada bro... :D

      Delete
  9. wah matur suwun sanget mas... :D
    FD kulo dadi anyar gress
    mga2 blog e jenengan tambah maju

    ReplyDelete
  10. File Not Found :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,,, file usbview dihapus oleh filesin,,, akan segera upload ulang yah,,, utk semntara cari di google dulu yah,,, soalnya gak s4 mau upload skrg,, kalo bls komeng sih bisa,,, hehehe.... :)

      Delete
  11. thanks banget gan! FD ane bangkit dari kubur neeh!

    ReplyDelete
  12. bang kalo kingston 8gb datatraveler ga ada di iflash gmn dong --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada... kalo gak ada cba aja yg mirip2 dg punya sobat,,, kadang walopun gak cocok mau dia.. ;)

      Delete
  13. kok saya download jadinya malah download media finder sih --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. File Download telah di update,,, silahkan di download..

      Delete
  14. bang saya udah download tools formatiing nya tapi kok gak kebaca ya flashdisk saya, padahal saya udah colokin terus di komp udah ada pilihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masa iya... emg fdisk nya tipe apa? coba periksa lagi,,, tanpa tools tersebut kebaca gak fdisk sobat ama komputer nya..
      gudlak!!! :V:

      Delete
  15. mantapppppp.......
    tp FLASH DISK Gue kok jd 500 MB doank,
    asalnya kan 2GB?

    ReplyDelete
  16. Terimakasih............
    Tapi flashdiskQ yang asalnya 2GB jd 500 MB?
    tp ga papa dari pada dibuang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama,,,, tapi heran deh.. kok bisa berkurang kapasitasnya... waktu saya praktek kok baik2 aja kapasitasnya... tapi diluar semua itu,,, selamat deh... :D

      Delete
  17. kok toolnya gak ada yang cocok trus gmn?

    ReplyDelete
  18. gan ane punya FD TOSHIBA 8Gb...ku coba pake tool nya tapi gag bisa gan...pertama pake toolnya bisa begitu ane cabut trus ane colokin lagi balik kaya semula gan...

    ReplyDelete
  19. mas minta tolong dong udah coba bbrp tool ga bisa smua..

    kingston DT 101 G2 8GB
    PID 6387 VID 058f

    tolong cariin tool yang tepat.. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. mas tolong dong udah coba cari cari ga ada yang cocok nih..

    kingston DT 101 G2 8GB

    PID 6387 VID 058F

    tolong bantuin cari tool yang tepat dong.. ga nemu2 nih beberapa minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake yg ini

      http://flashboot.ru/Files-file-260.html

      Delete
    2. ngga kedetect mas...

      ini ss nya http://vvcap.net/db/oUCWEyeDbuGFWWxk1zaY.htp

      gimana ya?? apa bener2 udah ga bisa diapa2in??

      Delete
    3. Kita coba pake yg laen,,, tunggu ya,,, saya carikan dulu,,, bantu doa yah,,,

      Delete
  21. masssss gimana caranya ya?????ane gaptek nih mas flas disk nya sma kingston dt 101 g2 8gb
    pid 6387 vid 058f
    tools jg dah di donlod tapi ga ngarti pake nya

    ReplyDelete
  22. waduh punya saya tetep ga bisa gmn gan? ada solusi lg

    ReplyDelete
  23. kok saya ga bisa ya mas, pas di iflashnya saya download FC MpTool FC8308 FC8508 FC8406 v04.01.00 , flashdisk saya kingston 4gb idv nya 0011, idp nya 7788, udah di downloas tp tetep ga bs

    ReplyDelete
  24. kok saya ga bisa ya, idv saya 0011, idp 7788 saya udah download toolsnya yg ini FC MpTool FC8308 FC8508 FC8406 v04.01.00 , tapi pas udah di download ga bisa dibuka filenya...
    bales cepat ya , urgent nih

    ReplyDelete
  25. bantuin donk boss,kasusnya sama nich ma writer.....

    ReplyDelete
  26. bantuin donk bos ari,kasusnya sama ni ma writer....thanks

    ReplyDelete
  27. ane punya flashdisk 500giga dapet hadiah dari temen jalan2 ke cina. terus ane coba ngetest pake h2testtw karena 500giga jd lama tuh ya ane tinggal tidur sampe pagi, tiba2 komputer ngehang lalu ane matiin paksa komputer. setelah ane nyalain lg komputer si flashdisk minta diformat tp gak bisa2 baik lewat device manager maupun dos, dan ternyata formatnya berubah jadi RAW tadinya formatnya exFAT. mohon bantuannya flashdisk ane harus diapain..

    ReplyDelete
  28. Punya saya Kingstone DataTraveler 16GB
    VID 0011
    PID 7788
    Toolnya FC_MpTool_FC8308_FC8508_FC8406_04.02.01.rar
    Tapi ngga bisa makenya, mohon bantuannya.
    Maturnuwun sebelumnya..

    ReplyDelete
  29. maknyus... siip bos... ikut ya...

    ReplyDelete
  30. ga ada yang cocok pilihannya utk format. flashdisk saya transcend 2GB, VID 090C PID 1000. pilihannya ga ada bang... mohon bantuannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk riva.
      tools nya di http://www.flashboot.ru/uploads/files/public/SMI/Test_SM32x_H1226_1_17_44.rar

      Delete
  31. ga ada pilihan yang cocok bang... :( mohon bantuannya ya
    flashdisk saya transcend VIP 090C PID 1000.

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekedar bantuin riva.
      saya coba untuk produk kamu ada kok. jangan lihat di list nya. masukin VID dan PID di kolom atas. trus klik. ketemu beberapa kok.

      Delete
  32. dahsyat gan.....
    hampir 1 bulan berkutat dengan FD nya.
    Mantap. langsung tokcer.
    terima kasih ya. semoga jadi amal untuk agan.

    ReplyDelete
  33. trimaa kasih, sgt membantu

    ReplyDelete
  34. Keren" Gan..!! bisanya ane buat nyari driver eh ternyata FD jga ada dev nya jga wkwkkwk

    ReplyDelete
  35. mas minta tolong dong udah coba bbrp tool ga bisa smua..

    kingston DT 4GB
    PID 7788 VID 0011

    tolong cariin tool yang tepat.. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  36. mas minta bantuannya saya dah nyoba tapi ga bisa" ...
    fd kingstone 4gb dt 101g2
    vid : 0951
    pid : 1642
    yg cocok yg mana y gan...:(
    kl perlu kirim ke email gan
    tatha12@ya***.co.id

    ReplyDelete
  37. tulung banget mas
    vid : 0781
    pid : 5566
    sandisk cruzer slice
    kasi tutorial sekalian donk
    masi newbie

    ReplyDelete
  38. tulung mas
    vid 0781
    pid 5566
    sandisk cruzer slice
    kasi tutorialnya sekalian mas
    thx

    ReplyDelete
  39. Mas Tolong Dong Mas Cariin Punya Saya
    Soalnya Yang Saya Download Kagak Bisa ?

    VID : 0939
    PID : 6545 Kingstone DT 101 II 2GB

    ReplyDelete
  40. bener-bener 100% work gan. . . .
    thanks gan. . .

    ReplyDelete
  41. yg

    VID 0011
    PID 7788

    coba pakai ini http://flashboot.ru/Files-file-580.html

    ReplyDelete
  42. thanks gan, segera di peraktekkan...

    ReplyDelete
  43. sudah di praktekkan dan berhasil, makasih infonya

    ReplyDelete
  44. sudah diperaktekkan dan berhasil, info yang sangat bermanfaat, thanks...

    ReplyDelete
  45. Terimakasih atas Informasinya_Saya sudah Buktikan sendiri dengan membaca langkah-langkah dengan seksama_ Akhirnya FLASDISK saya Bisa Kembali Dipergunakan Seperti sedia kala :) Terima Kasih

    ReplyDelete
  46. gan mau tanya nih saya lupa mrek apa sama berapa gb nya tuh cara nya ngecek gimana saya sudah nyampek nih iflash- flashboot.ru

    tolong penjelasan gan yang tau...

    ReplyDelete
  47. gan ko USBVIEWnya lama downloadnya

    ReplyDelete
  48. Bisa kok,,, malah kecil banget usb view ntu ukurannya cuman 26KB,,, mgkin koneksi masbro yg ada gangguan :D

    ReplyDelete
  49. tolong donk gan ane udah cari toolsnya tapi engga ketemu
    ini infonya
    idVendor: 0x0402
    idProduct: 0x9665

    ReplyDelete
  50. mas tolong bantu cari link nya..soalnya udah di klik software nya gak bisa bisa malah ada tulisan "HUB CONFIGURATION CHANGED,PLEASE UNPLUG ALL UFD DEVICE! RESTART MP PROGRAM OR NOT"
    Kingston 8GB . VID 0011 . PID 7788
    bales secepatnya mas

    ReplyDelete
  51. terimakasih mas,
    setelah kutak kutik dengan langkah langkah yang dibimbingkan akhirnya solve juga..

    visit my blog mas.. http://motiara.blogspot.com/

    ReplyDelete
  52. thxs gan,,,nice inpo nec,,,,,,,ane tggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  53. GAN , Yang agan pake itu nama tools nya apa? untuk yang benerin USB Nya

    ReplyDelete
  54. saya sudah coba , dan di sarankan untuk memakai poison, tetapi tidak berhasil...flash disk toshiba
    idVendor: 0x0930
    idProduct: 0x1400

    ReplyDelete
  55. cara pake tool SSS_MP_Utility_v2173 gmana ya???

    ReplyDelete
  56. November 20, 2012 at 8:25 am # mas tolong komenq balas ya…??
    Coba bantuin q mas…
    Fd q namanya egmemory 16GB..
    idVendor : 0x058F (Alcor Micro, Inc)
    IdProduct : 0×6387
    udah q ambil file 5 buah tpi ga cocok mungkin.. Coba mas carikan yang cocok..
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Bro gw jg FD ny kya gtu cman Toll ny g ketemu"

      Delete
  57. Nih FD ane tetep kagak mau ..
    software nya Open Fail gituu..
    tolong dibanting dunk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. plisss dunk gannn ..
      lagi kere nih mau beli FD baru ...

      Delete
  58. minta tolong gak ada yang cocok tolongin
    idVendor : 058F
    idProduct: 6387
    merk HP flasdisknya
    email: anggriawanrian@rocketmail.com

    ReplyDelete
  59. sama gan ane juga vid : 058f pid :6387 pakai AlcorMP(08092401).rar lancar jaya FD ane sdh sembuh alhamdulillah makasih ya gan infonya...

    ReplyDelete
  60. , , , , .
    gann ane kok gagg bsa padahal vendor ama product id nya sama..?

    ReplyDelete
  61. , , , , .
    escription: [G:]USB Mass Storage Device(Kingston DT 101 G2)
    Device Type: Mass Storage Device

    Protocal Version: USB 2.00
    Current Speed: High Speed
    Max Current: 100mA

    USB Device ID: VID = 058F PID = 6387
    Serial Number: 322A824A

    Device Vendor: Kingston
    Device Name: DT 101 G2
    Device Revision: 0104

    Manufacturer: Kingston
    Product Model: DT 101 G2
    Product Revision: 8.07

    Chip Vendor: Alcor Micro
    Chip Part-Number: Unknown(??) - 0xE304 - F/W D811
    Flash ID Code: 98DE9892 - Toshiba - 1CE/Single Channel [TLC] -> Total Capacity = 8GB

    ReplyDelete
  62. om, flashdisk saya v-gen 32 GB.
    VID : 090C
    PID : 1000

    kok saya cari di web nya gak ketemu ya ??
    mohon pencerahannya ya, makasih

    ReplyDelete
  63. gan kox di list ga ada ya
    flashdisk saya kingston DT CNY 13 Snake
    VID : 0951
    PID : 1968

    kx saya cari-cari ga ada ya?
    tolong bantuannya..
    terima kasih..

    ReplyDelete
  64. mas, saya udah nyoba berulang tp tetep g bs jg.bantuin y..:)

    merk nya kingston datatraveler 8GB
    VID : 0000
    PID : 7777
    di iflash n google saya g nemu. mohon bantuannya..:)

    ReplyDelete
  65. lanjut comment yg di atas.

    tampilan unt check vid n pid nya gini

    Description: [D:]USB Mass Storage Device(Generic Flash Disk)
    Device Type: Mass Storage Device

    Protocal Version: USB 2.00
    Current Speed: High Speed
    Max Current: 200mA

    USB Device ID: VID = 0000 PID = 7777
    Serial Number: F0E2CB61

    Device Vendor: Generic
    Device Name: Mass Storage
    Device Revision: 0102

    Manufacturer: Generic
    Product Model: Flash Disk
    Product Revision: 8.00

    Chip Vendor: Alcor Micro
    Chip Part-Number: Unknown(??) - 0xE602 - F/W DA07
    Flash ID Code: ECD598CE - Samsung - 1CE/Single Channel [TLC] -> Total Capacity = 2GB
    Reference Product: ??:?U????????

    ReplyDelete
  66. gan tolong FD Kingstone 8 gigabyte ane kena Write Protect, tolong di cariin softwarenya VID = 0011 PID = 7788, link yang agan kasih di komen ga bisa (404), mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  67. mas tolong, ini data mau buat akreditasi sekolah malah kacau flashdisknya

    Kingston DT101 G2 16 Gb
    PID 0951 VID 1665

    pake software apa, saya sudah cari gak karu-karuan belum cocok juga ,, Tq

    ReplyDelete
  68. USB View :

    Device Descriptor:
    bcdUSB: 0x0200
    bDeviceClass: 0x00
    bDeviceSubClass: 0x00
    bDeviceProtocol: 0x00
    bMaxPacketSize0: 0x40 (64)
    idVendor: 0x0951
    idProduct: 0x1665
    bcdDevice: 0x0100
    iManufacturer: 0x01
    iProduct: 0x02
    iSerialNumber: 0x03
    bNumConfigurations: 0x01

    ConnectionStatus: DeviceConnected
    Current Config Value: 0x01
    Device Bus Speed: Full
    Device Address: 0x01
    Open Pipes: 2

    Endpoint Descriptor:
    bEndpointAddress: 0x81
    Transfer Type: Bulk
    wMaxPacketSize: 0x0200 (512)
    bInterval: 0xFF

    Endpoint Descriptor:
    bEndpointAddress: 0x00
    Transfer Type: Control
    wMaxPacketSize: 0x0507 (1287)
    wInterval: 0x0202
    bSyncAddress: 0x00

    ReplyDelete
  69. Chip Genius V4 :

    Description: [H:]USB Mass Storage Device(GENERIC USB Mass Storage)
    Device Type: Mass Storage Device

    Protocal Version: USB 2.00
    Current Speed: High Speed
    Max Current: 100mA

    USB Device ID: VID = 0951 PID = 1665
    Serial Number: 6C626D7C2484FD21892C24B3

    Device Vendor: Kingston
    Device Name: DataTraveler 2.0
    Device Revision: 0100

    Manufacturer: GENERIC
    Product Model: USB Mass Storage
    Product Revision: 1.00

    Chip Vendor: Solid State Systems
    Chip Part-Number: Unknown(??) - 0xBB

    Tools on web: http://dl.mydigit.net/special/up/sss.html

    ReplyDelete
  70. Tolong dibantu, kasusnya begitu dimasukkan laptop, minta diformat, tapi di klik Format ternyata tidak bisa diformat .. kumaha atuh eta teh?

    ReplyDelete
  71. Gan tolong carikan donk, pleasse
    Kingston DataTraveler G3 8GB

    ReplyDelete
  72. format pake aplikasi online aja mas, ane udah coba, berhasil !!!

    ReplyDelete
  73. gan tolong donk FD Pen Drive nano 4gb teman ane VID : 13fe PID : 4100. gak tau mana yg musti dipake....???? help me...

    ReplyDelete
  74. gan tolong donk FD Pen Drive nano 4gb teman ane VID : 13fe PID : 4100. gak tau mana yg musti dipake....???? help me...

    ReplyDelete
  75. ane udah pake yg flashboot.ru/files/file/383/ tapi setelah berhasil diformat , giliran ane cabut dan colok lagi tetap gak bisa copy file ke dalam FD ... masih tetap muncul write protectednya... pusiiinnnnnnnnggggggg......
    plisss anyone help me....

    ReplyDelete
  76. mas tolong sihh flasdisk nama flas disk y vandisk di write proteceted udah yari info ga ketemu juga tlong y jawabanya di email di amriya@yahoo.co.id

    ReplyDelete

Harap berkomentar sesuai dengan isi posting & komentar spam akan dihapus. Anda dapat menggunakan tag HTML: <a href=""></a>, <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>.