4.6( 8864)

Peran Penting Suami pada Masa Kehamilan Sang Istri

Kehamilan adalah masa yang penting dan membahagiakan untuk wanita. Terkadang kehamilan juga merupakan masa dimana para wanita akan merasakan kekhawatiran-kekhawatiran yang lebih besar daripada biasanya. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin kekhawatiran tersebut akan berpengaruh kurang baik terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, peran suami sangatlah penting karena pada dasarnya orang yang paling dibutuhkan oleh seorang istri yang sedang hamil adalah sang suami. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan para suami yang tengah berbahagia menunggu kelahiran sang buah hati.

Bukan hanya berlaku kepada ibu hamil, seorang suami juga perlu memperdalam pengetahuan tentang kehamilan. Jika hal ini dilakukan, paling tidak suami akan memahami bahwa seorang ibu hamil mengalami perubahan emosi yang cukup signifikan sehingga seorang ibu hamil bisa jadi akan lebih sensitif dalam menyikapi beberapa persoalan. Dalam hal ini, suami bisa lebih menahan emosinya untuk menjadi seorang yang lebih sabar menghadapi mood sang istri yang mudah berubah. Berbagi pengalaman dengan teman yang telah memiliki anak juga merupakan cara ampuh untuk mendapatkan informasi lebih.

Suami yang baik akan selalu berupaya memberikan waktu luang untuk tetap berada di dekat sang istri. Menemani istri menemui bidan atau dokter kandungan untuk pemeriksaan rutin merupakan satu hal penting yang tidak bisa diabaikan. Pada dasarnya, konsultasi kepada bidan atau dokter kandungan merupakan konsultasi  bersama untuk pasangan suami istri demi kesehatan sang janin. Banyak saran dan masukan dari bidan yang berhubungan dengan kepentingan suami misalnya dalam hal  hubungan intim dalam masa kehamilan. Selain itu, peran suami yang memiliki fungsi kontrol juga sangat diperlukan terutama dalam hal mengingatkan sang istri untuk secara rutin mengkonsumsi fitamin yang diberikan oleh bidan dan juga mengingatkan istri untuk selalu menjaga asupan gizi harian.

Jangan menganggap remeh seruan pemerintah untuk menjadi suami SIAGA. Ketika masa kehamilan telah memasuki masa-masa kelahiran, seorang suami wajib  meningkatkan kewaspadaan karena prediksi kelahiran yang disampaikan oleh bidan atau dokter kandungan bisa jadi tidak tepat. Wajar bila prediksi tersebut meleset sehingga waktu kelahiran menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Selama tidak ada keluhan dari sang istri, maka tidak perlu khawatir mengenai prediksi tersebut. Yang terpenting adalah selalu siap menghadapi kelahiran sang buah hati. Contoh paling sederhana adalah selalu memastikan bahwa kendaraan terisi bahan bakar yang cukup atau menyimpan nomor telepon taksi sehingga pada saat yang diperlukan, sang istri dapat diantar menuju tempat kelahiran dengan cepat dan lancar. Menemani sang istri pada saat melahirkan mungkin adalah hal yang diimpikan oleh sang istri sehingga seorang suami harus siap mental menghadapi moment kelahiran tersebut.

Semoga tips ini bermanfaat dan menginspirasi para suami. Jika tips tersebut dilakukan maka keharmonisan rumah tangga akan semakin tumbuh terlebih setelah kelahiran sang buah hati.

No comments & mungkin Anda ingin tambahkan satu.

Post a Comment

Harap berkomentar sesuai dengan isi posting & komentar spam akan dihapus. Anda dapat menggunakan tag HTML: <a href=""></a>, <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>.