4.6( 8864)

Dunia Crafter: Dunia yang Menyenangkan dan Menjanjikan

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengenal atau bahkan sudah menekuni dunia yang satu ini. Ya, dunia crafter, dunianya orang-orang kreatif yang selalu memiliki ide yang dapat disajikan dalam bentuk kerajinan tangan. Pada dasarnya, crafter adalah sebutan untuk orang-orang yang berkreasi dengan menggunakan bahan-bahan tertentu misalnya kain, benang, pita dan bahan-bahan lain untuk dijadikan karya yang menarik. Jadi, jika ada yang mengasosiasikan crafter dengan perajin dengan satu bahan tertentu, maka hal itu kurang tepat.

Satu hal yang menarik menganai crafter adalah penghasilan yang cukup menjanjikan yang bisa diperoleh oleh para pelakunya. Dari satu hobi membuat pernak pernik, seorang crafter bisa menjual produknya kepada konsimen yang tertarik membelinya atau menjadi penyuplai produk untuk dijual lagi oleh para reseller. Nominal yang diperolehpun beragam tergantung seberapa serius para crafter tersebut menekuni bisnis sampingan ini. Fakta menarik mengenai dunia crafter  ini menjadi bukti bahwa sebuah hobi bisa saja menjadi sebuah profesi yang menjanjikan keuntungan, menyenangkan bukan?

Nah, jika anda tertarik untuk menggeluti bidang ini, ada baiknya anda menyimak beberapa tips yang bisa membantu anda sukses menggeluti dunia para crafter.

  1.  Untuk menjadi seorang crafter, kreatifitas adalah hal mutlak yang anda butuhkan. Yang perlu anda ingat adalah, kreatifitas itu sudah ada pada diri anda tinggal bagaimana anda mengembangkan kreatifitas tersebut dengan melakukan eskeperimen-ekseperimen dalam berkreasi. Ingat, jika anda mengalami kegagalan, berarti anda telah belajar satu hal yaitu tidak mengulangi kesalahan yang sama dan berusaha memperbaiki kesalahan tersebut.
  2. Tingkatkan kemampuan anda dalam berkreasi dengan mencari informasi di sekitar anda. Jika anda seorang pengguna internet aktif, ada baiknya anda mencari referensi-referensi mengenai teknik-teknik yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kualitas karya anda. Jangan ragu untuk bergabung dengan forum atau grup yang sudah ada di jejaring sosial seperti Facebook. Hal ini sangat berharga karena anda bisa berdiskusi dengan rekan-rekan sehobi. Satu hal yang harus anda jaga adalah etika berkomunikasi dan berinteraksi dengan crafter yang lain. Sekali anda menyalahi etika, kemungkinan besar jalur komunikasi anda akan terputus baik dengan sesame crafter maupun dengan para konsumen anda.
  3.  Upayakan anda memiliki satu atau dua jenis barang sebagai signature crafts. Maksudnya adalah, anda mempunyai kreasi yang akan sangat sulit ditiru oleh crafter lain. Salah satu contohnya adalah crafter dengan signature craft berupa miniatur Vespa berbahan dasar kain flannel, kain perca batik, mika bekas, dll dengan tingkat kesulitan yang tinggi sehingga crafter lain belum ada yang bisa meniru walaupun sudah diberi tutorial.
  4. Jika anda telah memproduksi banyak barang, anda bisa memanfaatkan forum atau grup tersebut untuk memasarkan produk anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk anda dan menawarkannya dengan harga yang wajar. Jangan menjualnya dengan harga terlalu tinggi karena beresiko produk anda tidak laku. Jangan pula menjualnya terlalu rendah karena bisa menimbulkan konflik dengan crafter lain. Berkompetisilah dengan berkreasi!
Semoga tips ini bermanfaat untuk anda yang ingin atau baru saja menggeluti dunia crafter.   

No comments & mungkin Anda ingin tambahkan satu.

Post a Comment

Harap berkomentar sesuai dengan isi posting & komentar spam akan dihapus. Anda dapat menggunakan tag HTML: <a href=""></a>, <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>.